Pages

Senin, 21 Mei 2012

Bunga nasional indonesia


Bunga Nasional Indonesia adalah tiga jenis bunga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan harapan mampu mewakili karakteristik bangsa dan negara Indonesia.
1.  Bunga melati
2.  Bunga anggrek bulan
3.  Bunga Raflesia arnoldi
Kita akan membahas satu persatu :
A.  Bunga melati (Jasminum sambac)
Bunga melati (Jasminum sambac) atau disebut juga melati putih merupakan salah satu spesies melati yang berasal dari Asia Selatan. Bunga melati putih ini ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu diantara tiga bunga nasional Indonesia.apa itu bunga puspa bangsa?yup. .bunga puspa bangsa adalah bunga yang di jadikan sebuah symbol yang tidak sembarangan,mempunyai makna.
Melati mempunyai  bentuk mahkota yang sederhana. Melati memiliki bunga berwarna putih suci. Melati memiliki aroma yang menyenangkan. Melati tidak membutuhkan pemeliharaan yang rumit. Harga melati yang merakyat (relatif murah) membuat ia digemari. Dari semua kelebihan melati itu, tidak berlebihan jika kemudian melati ditetapkan sebagai bunga puspa bangsa, salah satu dari 3 bunga nasional Indonesia.

B.  Bunga anggrek bulan
Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan sebagai puspa pesona, salah satu dari tiga puspa nasional Indonesia. Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan salah satu jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih.
Keindahan anggrek bulan ini yang menarik semua pihak. Keindahan  yang mempesona  menjadi dasar pertimbangan sehingga anggrek bulanpun ditetapkan sebagai puspa (bunga) pesona bersama puspa bangsa dan puspa langka.

C.  Bunga Raflesia arnoldi
Padma Raksasa (Rafflesia arnoldi) ditetapkan menjadi puspa langka melengkapi Melati Putih (puspa bangsa) dan Anggrek Bulan (puspa pesona). Selain menjadi salah satu dari bunga nasional, Rafflesia arnoldii juga merupakan simbol bagi provinsi Bengkulu.
Tubuhan yang ditetapkan sebagai puspa langka ini tidak memiliki batang, daun, maupun akar yang sebenarnya. Tumbuhan ini hidup menumpang  pada tumbuhan inangnya. Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Patma raksasa sering disamakan dengan bunga bangkai (Amorphpophallus titanium). Padahal keduanya adalah bunga yang berbeda.



2 komentar:

Unknown mengatakan...

Kaya benar nusantara ini.....

Kitasehat mengatakan...

Makasih ya atas sharenya sangat bermanfaat sekali tentang Bunga ini

Posting Komentar